13 November 2009

Opera Unite yang Asyik

Opera Unite ternyata memang top banget. Cuma dengan modal Opera 10.10 beta, kita bisa melakukan banyak hal secara jaringan. Mulai dengan serving halaman statik, dan bahkan dinamik, sharing file, dropbox, media streaming, hingga chat online. Aplikasi-aplikasi sudah mulai banyak tersedia untuk unite ini, dan dipastikan akan terus bertambah.

Berikut contoh tampilan aplikasi Fridge (note):

Prinsipnya, operasi klien-server dapat ditangani oleh Browser Opera. Misalnya dengan aplikasi web proxy, kita bisa menyajikan halaman dinamis di komputer lokal kita ke seluruh penjuru dunia. Asyiknya, klien di ujung dunia sana tidak harus memakai Opera browser. Tadi malam sudah aku coba berbagai fitur dan aplikasi Unite. Contoh menarik ya itu tadi, web server (statik) dan web proxy (dinamik), note (papan tempel), file sharing, dropbox, dan media streaming. Kecepatan akses tentu tergantung koneksi dong. 

Penerapan praktisnya? Banyaklah, mulai dari sharing file dadakan, hingga presentasi hasil kerja sementara, tanpa perlu unggah ke server, setting ini-itu, database, dsb. Beberapa aplikasi dapat disetting untuk private dengan password ataupun publik tanpa password.

Buat anda yang iseng ingin mengakses isi komputer yang aku share, coba kunjungi http://homac.solpro.operaunite.com, siapa tahu aku sedang online dan jaringannya cukup cepat untuk mencobanya.

Ochee, kita tunggu gebrakan Opera selanjutnya!

Update (13/11/2009-09:26):
Ternyata, di kantor dengan OS Linux Karmic dan Windows Xp, kedua-duanya dipasang Opera10.10b1, dengan masing-masing menjalankan Opera Unite server, ternyata satu dengan yang lain tidak mau berkomunikasi. Untuk diketahui, masing-masing komputer terkoneksi dengan jalur yang berbeda ISP-nya. WTF... Mungkin ada blocking proxy di level network central? Mungkin saja, karena port OperaUnite ada pada 8840, yang biasanya memang diblok karena sering digunakan untuk jaringan P2P.

0 tanggapan: